So, supaya kamu-kamu tidak merasa sakit hati ataupun stress bila menerima kritikan, ada baiknya baca beberapa tips di bawah ini:
1. Terimalah bahwa diri kamu tidak sempurna dan memiliki kekurangan. Sehingga
kekurangan dan kelemahan itu bisa kamu pelajari dan perbaiki.
2. Jangan menanggapi kritik secara pribadi. Sebaik apapun kamu sebagai seorang
karyawan, tiap orang pasti dapat dikritik. Bersikaplah santai dan tenang dalam
menerima setiap kritikan.
3. Dengarkan baik-baik kritikan itu dan jadikan sebagai masukkan positif bagi diri
kamu. Karena kalau kamu abaikan, kemungkinan besar kesalahan yang sama
akan terulang lagi.
4. Pahamilah bahwa ada orang-orang tertentu yang memang suka memberikan
kritik. Mereka selalu melihat prestasi kerja orang lain dari sisi negatif. Terimalah
mereka apa adanya.
5. Orang yang berani memberikan kritik umumnya adalah orang yang pandai dan
kreatif. Mereka mampu melihat cara-cara lain untuk melakukan suatu pekerjaan
dengan lebih baik tapi mereka sampaikan dengan nada yang negatif. Jangan
bersikap defensif karena mereka mungkin dapat memberikan usulan yang
sangat berguna bagi diri kamu.
6. Ketika dikritik, yakinkan diri bahwa itu bukan karena atasan atau bos membenci
atau tidak menyukai kamu, melainkan agar hasil kerja dan produktivitas kamu
lebih baik lagi.
7. Kadang-kadang seseorang melontarkan kritik hanya sekedar untuk melepaskan
kekesalan hatinya. Bila ini yang terjadi, jadilah pendengar yang baik. Mungkin
yang mereka keluhkan sebenarnya hanyalah sesuatu yang kurang berarti.
8. Dengarkan tiap kritik dengan seksama. Bila perlu, bertanyalah untuk
menyakinkan bahwa kamu telah menangkap kritiknya.
9. Jangan fokus pada rasa marah atau sakit hati. Lebih baik fokus pada pekerjaan
agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
10. Jika kritikan yang diterima membuat kamu sakit hati, tidak ada salahnya untuk
mengutarakan perasaan tersebut pada atasan. Sehingga atasan pun akan
mengerti perasaan kamu dan membuat hubungan atasan-bawahan menjadi
lebih kuat.
11. Dalam menerima kritik apapun juga, cobalah melakukan sesuatu untuk
mengatasi masalah itu. Bila kamu tak dapat melakukan apapun juga,
katakanlah dengan jujur dan berilah perhatian tulus atas usulan atau kritikan
tersebut.
12. Bila kritikan itu sehubungan dengan kesalahan yang memang kamu lakukan,
akuilah dengan jujur. Tiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tidak
perlu merasa malu.
13. Bila rekan atau atasan kamu mengutarakan kritik atau sarannya, berarti
mereka masih memperhatikan kamu. Justru kalau tidak ada yang mengkritik,
kamu harus waspada.
14. Jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk bekerja lebih baik dan
biasakan untuk selalu teliti dalam bekerja agar meminimalisir kesalahan.